5 PELUANG USAHA YANG MENJANJIKAN UNTUK GURU HONORER DENGAN MODAL YANG KECIL

Selamat datang bapak/ibu guru yang saya hormati di blog kami, pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi sedikit informasi tentang peluang usaha untuk guru. Guru adalah sebuah profesi yang sangat mulia dikarenakan tugasnya yaitu mencerdaskan anak-anak bangsa. Tanpa adanya guru maka pendidikan di negara tidak akan maju. Guru sangat berjasa dalam memajukan sebuah negara karena di tangan mereka tercipta profesor-profesor, pebisnis-pebisnis, pengacara-pengacara bahkan presidenpun  berkat didikan dari seorang guru. 

bisnis sampingan untuk guru

Namun saat kita berbicara tentang kesejahteraan guru terutama di indonesia, mungkin akan terbelah menjadi dua yaitu guru PNS dan guru honorer. Guru PNS seperti kita ketahui bersama dari segi gaji sudah terbilang sangat cukup ditambah tunjangan-tunjangan yang ada, namun berbeda dengan guru honorer yang terkadang dalam sebulan hanya diberi honor 300ribu sampai 1juta. Ini jelas sangat jauh dari kata cukup dan sejahtera a alhasil banyak guru yang harus mencari tambahan pendapatan demi mememenuhi kebutuhan sehari-hari.

Penulis sendiri merasakan bahwa menjadi guru honorer sangat jauh dari kata cukup dan sejahtera. Untuk itu penulis membuat artikel ini agar bisa bermanfaat bagi rekan-rekan guru di seluruh indonesia. Keuntungan menjadi seorang guru kita tidak full time bekerja terkadang jika tidak ada jadwal mengajar pada hari itu maka tidak usah ke sekolah lagi, nah waktu luang yang masih banyak ini dimanfaatkan untuk mencari tambahan uang.

Pada artikel ini penulis akan berbagi peluang usaha yang cocok untuk guru, sumber yang penulis tulis yaitu pengalaman pribadi dan juga pengalaman rekan-rekan penulis di sekolah sehingga tidak hanya omong kosong namun sudah dibuktikan oleh penulis dan rekan-rekannya dalam memulai berbisnis.
Berikut 10 bisnis yang cocok untuk guru honorer agar hidup sejahtera dan tercukupi.

1. Les Privat

peluang usaha les privat

Bagi rekan-rekan yang mengajar mata pelajaran matematika, bahasa inggris, fisika, bahasa indonesia, olahraga, kesenian usaha ini sangat cocok. Karena target pasar kita adalah siswa juga, kita bisa membuat jasa les privat di rumah atau datang ke rumah siswa. Modal yang dibutuhkan juga relatif kecil hanya butuh keberanian untuk memulai usaha saja itu sudah menjadi langkah awal utnuk mencapai kesuksesan.
Penulis sendiri adalah seorang guru matematika karena honor di sekolah masih belum mencukupi kebutuhan sehari-hari makan penulis membuka jasa les privat, awalnya menawarkan kepada orangtua siswa dan siswa yang ada di sekolah yang penulis ajarkan, karena respontnya cukup baik maka penulis memberanikan diri untuk membuat brosur dan spanduk dan membuaka di rumah les privat matematika. Alhamdulillah sampai saat ini pendapatan dari les privat bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari bahkan jauh melebihi pendapatan menjadi guru honorer.

2. Penulis Artikel

bisnis sampingan tanpa modal

Bagi rekan-rekan guru yang memiliki keahlian dalam menulis atau mempunyai hobi menulis peluang usaha ini cocok untuk dicoba sebagai penulis artikel untuk blog atau website. Anda hanya sedikit mengasah dan mempelajari teknik menulis secara SEO agar diminati oleh banyak konsumen.
Usaha ini cukup menjanjikan dengan modal kecil, rekan-rekan bisa membuka usaha jasa penulisan artikel. Untuk setiap artikel berkisar antara 10ribu sampai 50ribu tergantung panjang artikelnya. Jika rekan-rekan setiap hari bisa membuat 5 artikel saja maka dalam sebulan profit dalam bisnis sampingan ini bisa mencapai kisaran 1,5juta samapai 7,5juta.

3. Usaha Kuliner

bisnis sampingan kuliner

Bisnis sampingan ini cocok untuk rekan-rekan yang mempunyai hobi memasak yaitu usaha kuliner. Kuliner banyak macamnya ada makanan pokok, cemilan dan minuman. Ambil satu macam kuliner yang benar-benar rekan-rekan kuasai. Usaha sampingan ini bisa dikerjakan setelah pulang dari sekolah. Contoh nyatanya rekan penulis yang berjualan usaha angkringan, berjualan di pasar malam dan car freeday.
Kisah rekan penulis seorang guru olahraga yang mempunyai bisnis sampingan berjualan aneka minuman thai tea, ia bisa mendapatkan omset perbulan sampai 3jutaan berjualan di pasar mala dan pada car freeday. Bisnis ini juga mudah dijalankan dan modal yang dikeluarkan terbilang kecil namun bisa menambah pendapatan rekan-rekan guru sekalian.

4. Bisnis Online

bisnis online untuk guru

Bisnis di era milenial yaitu bisnis online sangat cocok untuk rekan-rekan yang sering berbelanja di toko online dan melek akan teknologi. Bisnis online ini salah satu yang nyata dan penulis melihat sendiri yaitu berjualan di market place. Kisah rekan penulis seorang guru bahasa indonesia yang membuka toko online di shopee dari yang awalnya hanya 1 sampai 5 produk sekarang sudah puluhan kodi perhari terjual.
Rekan-rekan hanya perlu mempelajari sistem pada marketplace kemudian memulai untuk berjualan, bidik satu produk yang benar-benar rekan-rekan kuasai maksimalkan satu dulu. Setelah mendapatkan banyak konsumen baru menambahkan produk lain. Dari yang awalnya reseller atau dropshiper sampai nanti bisa menjadi agen, suplayer sebuah produk. Mulailah berbisnis mudah-mudahan bisa menjadikan rejeki lain untuk menambah pendapatan.

5. Menjadi Youtuber

usaha sampingan menjadi youtuber

Di era digital ini yotube salah satu paltform nomer satu utnuk menonton video, ada berbagai macam video di youtube. Rekan-rekan bisa memanfaatkan banyaknya peminat yang menonton youtube dengan menjadi konten creator membuat channel youtube senidir. Channel pendidikan mungkin lebih sesuai dengan profesi rekan-rekan sebagai guru namun tidak menutup kemungkinan untuk niche yang lainnya.

Modal awal jika rekan-rekan ingin menjadi youtuber yaitu ketekunan dan konsistensi untuk terus menguploud video. Jika rekan-rekan seorang guru matematika maka buatlah konten tentang trik cepat menghitung perkalain, perpangkatan, akar kuadart dan juga pembahasan soal ujian dengan cara yang praktis. Tentu ini sangat diminati bagi anak-anak yang sedang mencari trik cepat belajar matematika.
Untuk profit menjadi seorang youtuber tidak tanggung-tanggung lihat saja atta halilintar, jess nollimit, raffi ahmad, deddy corbuzier mereka mendapatkan uang dari bisnis ini menjadi seorang youtuber. Mungkin saja rekan-rekan bisa seperti mereka dengan catatan tekun untuk terus menguploud video sambil belajar teknik SEOnya.

Demikian artikel tentang 5 PELUANG USAHA YANG MENJANJIKAN UNTUK GURU HONORER DENGAN MODAL YANG KECIL. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan-rekan guru di seluruh indonesia. Tetimakasih sudah membaca artikel yang penulis buat, mohon maaf jika ada kekeliruan dalam isi artikel ini. Semoga guru di indonesia bisa sejahtera semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel