Soal Ulangan Harian Matematika Bab Skala Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018

Dalam pemebelajaran matematika di kelas, ulangan harian akan selalu ada untuk mengevaluasi sejauh mana tingkat kemampuan siswa memahami materi. Semakin banyak siswa yang nilainya tinggi maka berbanding lurus dengan tingkat keberhasilan guru mengajarkan materi tersebut.

Guru terkadang susah untuk membuat soal ulangan harian ataupun soal ujian matematika lainnya yang sesuai dengan kisi-kisi. Terkadang untuk membuat soal matematika langsung comot atau ambil dari berbagai referensi diantaranya sumber buku atau bank soal, artikel blog dll.

soal matematika kbuku senang belajar matematika kelas 5 kurikulum 2013 revisi 2018

Kali ini admin blog kuncisoalmatematika.blogspot.com akan membagikan soal-soal ulangan harian matematika tentang bab skala yang tentunya sudah kami analisis soalnya sesuai KD & KI.

Bab skala yang akan kita bahas mengenai menentukan nilai skala, jarak peta atau pada gambar dan jarak sebenarnya. Dalam materi skala siswa harus memahami perubahan satuan panjang dari kilometre sampai milimeter, karena nanti dalam perhitungan akan dikonversi ke dalam satuan panjang.

Tidak usah panjang lebar langsung saja silahkan dipelajari Bgi kalian yang sebagai siswa semoga soal yang kami buat bisa membantu kalian untuk meningkatkan prestasi dalam menghadapi USBN Matematika nanti, dan bagi bapk/ibu guru semoga bisa menjadi referensi untuk pembuatan sosal ulangan harian untuk siswanya.

1. Pada peta Pulau Bali, jarak Gilimanuk ke Denpasar adalah 7 cm. skala pada peta 1 : 2.200.000. jarak Gilimanuk ke Denpasar sebenarnya adalah … km.

2. Tinggi sebuah rumah pada denah adalah 4 cm. jika skala yang digunakan 1 : 100, maka tinggi rumah sebenarnya adalah … m.

3. Sebuah model pesawat terbang memiliki panjang sayap 8 cm. jika skala 1 : 1.000, maka panjang sayap pesawat terbang sebenarnya adalah … m.

4. Jarak Bangkalan ke Pamekasan pada peta adalah 4 cm. jika skala peta 1 : 2.000.000, maka jarak Bangkalan ke Pamekasan sebenarnya adalah … km.

5. Tinggi sebuah mobil pada gambar adalah 1,5 cm.

6. Pada peta Pulau Jawa, jarak Jakarta – Bandung adalah 7 cm. jika skala 1 : 3.000.000, maka jarak Jakarta – Bandung sebenarnya adalah … km.

7. Pada peta Sumatra Utara jarak Medan – Tebing Tinggi adalah 8 cm. jika skala 1 : 3.400.000, maka jarak Medan – Tebing Tinggi sebenarnya adalah … km.

8. Pada peta Pulau Lombok, jarak Mataram – Ampenan adalah 3 cm. jika skala 1 : 3.500.000, maka jarak Mataram – Ampenan sebenarnya adalah … km.

9. Sebidang tanah pada debah berskala panjangnya 9 cm, lebarnya 6 cm. jika skala 1 : 2.500, maka keliling tanah sebenarnya adalah … m.

10. Panjang sebuah gedung pada gambar berskala adalah 9 cm, lebarnya 7 cm. jika skala 1 : 1.000, maka luas gedung sebenarnya adalah …m.

11. Tinggi sebuah menara air 40 meter. Tinggi menara tersebut pada gambar adalah 5 cm. skala gambar menara air tersebut adalah ….

12. Tinggi sebuah gedung 120 meter. Jika skala yang digunakan 1 : 2.000, tinggi gedung pada gambar adalah …cm.

13. Jarak kota Bandung dan Jakarta 144 km. jarak kedua kota tersebut pada peta adalah 4 cm. skala peta kedua kota tersebut adalah ….

14. Sebidang kebun panjangnya 80 meter. Kebun tersebut akan digambar dengan skala 1 : 500. Panjang kebun pada gambar adalah … cm.

15. Jarak kota A dan B adalah 600 km. jarak kedua kota pada peta 5 cm. skala peta tersebut adalah ….

Demikianlah artikel tentang Soal Ulangan Harian Matematika Bab Skala Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018  Semoga bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga soal ulangan harian matematika bab skala ini dapat menjadi referensi bapak/ibu guru di manapun berada.

Semoga dengan adanya soal ulangan harian versi kuncisoalmatematika.blogspot.com bisa membantu adik-adik yang sedang duduk di Kelas 5 dan bisa memberikan pemahaman dari setiap materi yang di ajarkan di Kelas 5.

Artikel yang Anda baca berjudul  Soal Ulangan Harian Matematika Bab Skala Buku Senang Belajar Matematika Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2018  dengan alamat link http://www.kuncisoalmatematika.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel