Soal Matematika Ulangan Harian SD Kelas 5 Semester Ganjil Materi Jarak dan Waktu

Soal Matematika Ulangan Harian SD Kelas 5

Kali ini kita akan membagikan soal matematika dari kelas SD di semester ganjil untuk materi di Bab tentang Jarak dan Waktu. Materi Jarak dan Waktu  ini berisikan tentang menghitung dan mengkonversi satuan jarak dan waktu serta juga menghitung kecepatan.

Matematika kelas 5 mempunyai materi yang salah satunya jarak dan waktu sehingga adik-adik yang sekarang duduk di kelas 5 butuh wawasan tambahan untuk meningkatkan prestasi belajar di sekolahnya. Salah satunya dengan mengerjakan soal matematika yang ada di bawah ini.

Langsung saja silahkan disimak dan dikerjakan soal matematika SD Kelas 5 tentang materi jarak dan waktu.

soal matematika ulangan harian SD kelas 5

Kerjakan dengan cara termudah.

Tuliskan pengerjaan dan hasilnya di bukumu.

1.    50 m = … cm
2.    4 km + 2.000 cm = … m
3.    36 km/jam = … m/detik
4.    20 m/detik = … km/jam
5.    Jarak rumah Endra ke rumah Adi 1.600 m. jarak rumah adi ke rumah bambang 400 m. Endra ke rumah Bambang melalui rumah Adi, dan pulang kembali ke rumahnya melalui jalan yang sama. Berpa km jarak yang ia tempuh ?
6.    Hasan seorang pelari. Ia mampu berlari sejauh 100 m dalam 10 detik. Berapakah kecepatan larinya ?
7.    Yuni bersepeda ke pasar dengan kecepatan 150 m/menit. Ia sampai di pasar dalam waktu 20 menit. Berapa km jarak rumah Yuni dari pasar ?
8.    Bus Harapan melaju dengan kecepatan 60 km/jam. Bus Santosa melaju dengan kecepatan 20 m/detik. Bus mana yang melaju lebih cepat ?
9.    Ayah bersepeda motor ke rumah Nenek yang jaraknya 9 Km. kecepatan sepeda motor Ayah 45 Km/Jam. Jika Ayah berangkat dari rumah pukul 09.00, pukul berapa Ayah sampai di rumah Nenek ?
10.    Sebuah kereta api berangkat dari stasiun A pada pukul 08.00. kereta itu sampai di stasiun B pukul 10.30. apabila jarak antara kedua stasiun 120 Km, berapa kecepatan kereta api tersebut ?

Baca juga :

11.    Irfan berangkat ke sekolah berjalan kaki. Jarak dari rumah ke sekolah 750 m. setiap hari Irfan memerlukan waktu 15 menit untuk sampai ke sekolah. Berapa Km/Jam kecepatan Irfan berjalan kaki ?
12.    Jarak rumah Ari ke sekolah 4 Km. Ari ke sekolah naik sepeda dengan kecepatan 250 m/menit. Berapa menit Ari sampai di sekolah ?
13.    Anik , teman Irfan, berangkat ke sekolah di antar Ayahnya dengan naik motor. Kecepatan kendaraan yang dinaiki Ayah Anik 28 Km/Jam. Waktu tempuhnya Ayah ¼ jam. Berapa jarak rumah Anik ke sekolah ?
14.    Bapak kepala sekolah berangkat ke sekolah mengendarai mobil. Jarak rumah ke sekolah 20 Km. bapak Kepala Sekolah berangkat pada pukul 06.20 dan sampai di sekolah pada pukul 06.50. hitunglah kecepatan mobil yang dikemudikan kepala sekolah dalam satuan Km/Jam.
15.    Bu Ida, guru matematika, pergi ke sekolah naik mobil. Jarak rumahnya ke sekolah 10 Km. kecepatan mobil yang dikemudikan Bu Ida 30 Km/Jam. Bu Ida sampai di sekolah pukul 06.45. pukul berapa Bu Ida berangkat dari rumah.

Demikianlah Soal Matematika Ulangan Harian SD Kelas 5 Semester Ganjil Materi Jarak dan Waktu. Semoga bisa bermanfaat untuk pembaca yang budiman. Terimakasih atas perhatiannya, jangan lupa bersyukur hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel